SEKILAS TENTANG IT

assalamualaikum wr.wb
     


                                    Disini saya akan membicarakan tentang sekilas IT 




            A.PENGERTIAN OSI LAYER 
     Osi layer adalah akronim dari open system interconnection yang merupakan referensi abstrak beruka kerangka konseptual untuk mendefinisikan sebuah jaringan komputer.tujuannya adalah untuk menjadi rujukan para vendor dan pengembangan dalam sebuah produk ataupun software,sehingga tiap-tiap produk bisa saling terkoneksi meski dikembagkan oleh pengembang yang berbeda .
      Model iso akan memberikan deskripsi abstrak yang menjelaskan desain lapisan-lapisan komunikasi dan protokol jaringan,osi inilah yang kemudian membentuk standar umum jaringan untuk membuat interoperabilitas antar vendor yang berbeda.
               
            B.CARA MENGAKSES ROUTER MIKROTIK
     Ada 4 cara yang bisa digunakan untuk mengakses routerboard mikrotik,yaitu yang bekerja pada layer 3 dan menggunakan OS windows saja:

        1.VIA WINBOX
            Winbox merupakan aplikasi resmi dari mikrotik yang memang diperuntukan untuk mengakses routerboar mikrotik, mengkonfigurasi routerboard menggunakan winbox lebih mudah karena winbox itu memiliki tampilan GUI,tidak seperti cisco yang kalau ingin mengkonfigurasinya harus menggunakan CLI(Command line interface).kalau ada tampilan GUI nya kan mudah tinggal klik" saja.
untuk mendownload winbox dapat membuka website dari mikrotik langsung yaitu:http://www.mikrotik.com/download.
setelah masuk link tersebut silahkan scroll down dan cari link untuk mendownload winbox.
ketika sudah di download, maka anda tidak perlu menginstal dan langsung dapat di buka.


   * NEIGHBOR
 apakah itu router anda atau bukan,cara melihatnya adalah dengan melihat MAC address pada ether yang terkoneksi langsung dengan PC anda. contoh,misalkan saya konek dengan router menggunakan kabel UTP ke ether 2 pada router,biasanya di pada bagian bawah router tersebut terdapat MAC address dari setiap interfacenya,dan anda tinggal menyamakannya.
pada saat routerboard masih memiliki konfigurasi default/setelan pabrik,anda harus mengisi untuk LOGIN:ADMIN dan untuk PASSWORD: dikosongin.di bawahkolom itu ada MAC address kan sudah jelas,dan tidak bisa diganti ganti,ada juga IP  address,kalau router masih dalam keadaan default,pasti router memiliki IP address 192.168.88.1.
untuk saat ini kita login nya menggunakan MAC address nya saja,tinggal klik MAC address dari dan nanti pada kolom CONNECT TO : akan terisi MAC address dari si router itu.kenapa kita login nya menggunakan MAC address bukan IP address?? karena, MAC address nya tidak akan berubah ubah,jika kita aksesnya menggunakan IP address maka ketika ingin mengkonfigurasi IP address dan kita mengganti IP address yang pakai kita pakai untuk akses tadi,kita secara otomatis langsung ter log out dari router tersebut dan mengharuskan kita untuk login lagi.


  2.VIA COMMANDLINE/TELNET


          akses via telnet ini tergolong mudah,karena penggunaanya hanya menggunakan cmd(command prompt).telnet itu digunakan untuk meremote router,sehingga kita tidak harus terkoneksi secara langsung dengan router,bisa saja jika router tersebut mempunyai wireless dan kita konek ke wirelessnya,tetapi telnet ini tidak disarankan karena keamanannya.
langkah pertama yang harus kita lakukan adalah mengaktifkan fitur telnet yang ada di windows,anda ke menu CONTROL PANEL lalu pilih menu PROGRAMS lalu ke di PROGRAMS AND FEATURES ada menu TURN WINDOWS FEATURES ON OR OFF lalu centang fitur TELNET CLIENT.jika sudah dicentang,maka fitur  telnet pada pc anda sudah aktif.sekarang kita akan menyesuaikan IP router/gateway dengan pc kita,agar kita bisa terkoneksi dengan router tersebut.klik kanan pada kotak yang di tandai di bawah lalu klik OPEN NETWORK AND SHARING CENTER.jika IP gatewaynya default,maka masukan 192.168,88,1 di kolom gateway.sekarang coba PING IP router/gateway nya, agar memastikan jika kita terkoneksi dengan routerboard tersebut.jika sudah reply tanda nya pc dengan router sudah terhubung,dan siap untuk mentelnet.selanjutnya ketik telnet 192.168.88.1,192.168.88.1 adalah IP router/gateway yang terkoneksi dengan kita.dan isikan LOGIN dengan ADMIN,dan PASSWORD di kosongkan.ketika sudah masuk akan terlihat tulisan mikrotik yang lumayan besar ,tampilan tersebut sama seperti di terminal winbox yang mengkonfigurasi nya menggunakan command-command.jadi semua command yang ada di telnet itu akan berlaku di SSH dan terminal winbox.


    3.VIA COMMAND LINE SSH
       SSH (secure shell)sama halnya dengan telnet,digunakan untuk mengakses router,namun SSH mempunyai beberapa kelebihan,diantaranya adalah dapat digunakan untuk mengkopi file secara terenkrip.hal tersebut merupakan kelebihan dari SSH,sebelum paket transmisikan maka paket akan  dienkrip terlebih dahulu.
 windows tidak menyediakan fitur untuk SSH,maka kali ini kita akan mengSSH router menggunakan aplikasi putty,aplikasi nya bisa di download di www.putty.nl jika sudah ada aplikasi nya,sekarang kita buka dan langsung saja kita pilih SSH dan setelah itu kita masukkan IP address dari gateway router.setelah itu klik OPEN, lalu tunggu sebentar,jika ada notifikasi tertentu klik OK saja.isikan LOGIN dengan ADMIN, jika password belum di setting maka anda tidak perlu memasukkan password.


      4.WEBFIG
webfig adalah cara yang paling mudah untuk mengakses router,karena cara ini hanya menggunakan web browser untuk mengaksesnya.misalnya pada lab kali ini kita akan mencoba menggunakan google chrome.caranya sangat mudah,anda tinggal memasukkan IP gateway pada pencarian.setelah di enter,karena routernya masih dalam default maka akan langsung masuk,tetapi apabila sudah di setting user login dan password maka nanti akan diminta terlebih dahulu.


      C. MANAGEMENT USER DI MIKROTIK
user yang login ke mikrotik memiliki 3 kategori akses yang diberikan  yaitu:
      full: akses yang diberikan kepada user keseluruhan.maksudnya user dapat mengotak atik,mengubah,menghapus,mengedit,dll,konfigurasi yang sedang digunakan.akses ini adalah akses yang paling tinggi karena user dapat melakukan apapun di semua konfigurasi.
write:akses yang diberikan kepada user tidaak keseluruhan.kepada user tidaaak keseluruhan.maksudnya,user dapat mengotak-atik,mengubah,menghapus,mengedit semua konfigurasi kecuali konfigurasi untuk mengubah,menambah maupun menghapus user di dalam konfigurasi user. jadi,pada akses ini user yang memiliki akses write dapat merubah konfigurasi kecuali merubah konfigurasi user.
read: akses ini merupakan akses terendah dari semua akses, kenapa karena user yang login hanya dapat melihat-lihat isi dari konfigurasi. user tidak dapat mengedit,merubah ataupun mengacak acak konfigurasi yang sedang berjalan. 

                        wassalamualaikum wr.wb 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

SIMPLE QUEUE WITH PARENT AND CHILD-MIKROTIK

CARA MEMBLOKIR INSTAGRAM DENGAN MENGGUNAKAN MIKROTIK

SIMPLE QUEUE WITH PCQ-MIKROTIK