package management dan layanan-layanan (aplikasi server) linux

Assalamualaikum wr.wb

disini saya akan membahas materi tentang package management dan layanan-layanan pada linux.

#package management:
sebelumnya apasih yang dimaksud package management?package management adalah sebuah aplikasi atau software pada linux yang dipakai untuk memasang atau menginstal,menemukan dan menghapus software lain secara tersentralisasi.

1.pada distro linux berbasis RedHat menggunakan RPM,seperti CentOS,Fedora,OpenSUSE,pada centos menggunakan yum untuk mengatur repository dan paket sistem.
2.pada Debian seperti ubuntu,raspbian,linux mint,format paketnya adalah .deb dan menggunakan APT yang mempunyai beberapa perintah umum seperti apt-get instal,apt-get purge.



#layanan (aplikasi server)linux
1.DNS server
   DNS(domain name system) adalah sebuah aplikasi service di internet yang menerjemahkan sebuah domain name ke ip address dan masalah satu jenis system yang melayani permintaan pemetaan ip address ke FQDN(Fany Qualified Domain Name)dan dari FQDN ke ip address.
2.WEB server
    adalah sebuah perangkat lunak linux server yang berfungsi menerima permintaaan http atau httpsdari klien yang dikenal dengan web browser dan mengirimkan kembali hasilnya dalam bentuk halaman-halaman web yang umumnya berbentuk dokumen html.
3.Proxy server
   adalah teknik standar untuk akses internet secara bersama-sama oleh beberapa komputer sekaligus dalam sebuah local area network(LAN) melalui sebuah modem atau melalui sebuah saluran komunikasi.
4.DHCP server
   DHCP (dynamic host configuration protocol) adalah protocol yang berbasis arsitektur client/server yang dipakai untuk memudahkan pengalokasian alamat ip dalam suatu jaringan.
5.MAIL server
   adalah perangkat lunak program yang mendistribusikan file atau informasi sebagai respons atas permintaan yang dikirim via email,juga digunakan pada bitnet untuk menyediakan layanan serupa ftp.
6.FTP server
    FTP(file transper protocol) adalah suatu protocol yang berfungsi untuk tukar menukar file dalam suatu network yang mensuport TCP/IP protocol.
7.SSH server
     adalah suatu aplikasi network yang digunakan untuk meremot server atau eksekusi program.
8.Database server
     Database server adalah komputer yang menyediakan layanan program aplikasi pengolahan basis data yang kita kenal sebagai DBMS(Data Base Manajemen Sistem).biasanya Database server menggunakan model client/server.


Sumber: tkjpedia.com

sekian materi dari saya,apabila ada salah kata mohon maaf.

Wassalamualaikum wr.wb

Komentar

Postingan populer dari blog ini

SIMPLE QUEUE WITH PARENT AND CHILD-MIKROTIK

CARA MEMBLOKIR INSTAGRAM DENGAN MENGGUNAKAN MIKROTIK

SIMPLE QUEUE WITH PCQ-MIKROTIK