PPPOE TUNNEL-MIKROTIK

 Assalamualaikum.wr.wb

 pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang PPPOE server dan client pada mikrotik.

PPPOE merupakan kependekan dari Point-to-Point Protocol Over Ethernet. Jadi kita dapat memahami bahwa PPPOE ini merupakan penerapan PPP pada jaringan ethernet dan secara praktis kita memahami sebagai PPP yang terhubung melalui media RJ 45.

sebelum konfigurasi,kita ubah nama router terlebih dahulu supaya mudah dengan cara system>identity.


 




setelah mengubah nama router,kita lakukan konfigurasi router gateway,tetapi kita hanya setting yang IP DHCP Client dan Firewall NAT.

konfigurasi IP DHCP Client dengan cara kita klik menu IP>DHCP Client Interface yang menghubungkan kabel internet dengan router>Apply>ok.

 pastikan konfigurasi IP DHCP Client berstatus bound.

 


setelah setting IPDHCP Client.lalu kita setting IP Firewall NAT dengan cara klik IP>Firewall>NAT>Add(+)>General chain srcnat,outinterface ether1 action masquerade.











lalu kita cek apakah RB1 sudah connect ke internet atau belum.

selanjutnya kita setting PPPOE Server di RB1 dengan cara klik menu ppp>pppoe server>Add(+)>service name(biarkan mdefault saja)>interface(yang menghubungkan router dengan kabl internet)>Apply>ok

 
setelah membuat pppoe servers,kita membuat secret pada menu ppp>secrets>Add(+)>isikan name,password,pada name saya isikan pppoe1 dengan password 123,service(gunakan yang spesifik yaitu pppoe),isi juga local address dan remote address(local address saya isikan 10.10.10.1 dan remote address saya isikan 10.20.20.1>apply>ok.

 






langkah selanjutnya,kita setting router gateway pada RB2,sebelum menyetting router gateway kita ubah dulu nama identitas router supaya tidak tertukar dengan RB lain.

setelah mengubah nama identitas,selanjutnya baru kita setting router gateway.kita setting aja yang IP DHCP Client dan IP Firewall NAT.

lalu lakukan pengecekan internet di terminal

 





setelah itu,kita setting pppoe client dengan cara klik menu ppp>interface>add(+)>pilih yang pppoe client>lalu pilih general isikan nama dan interface,interface ether1>apply>ok











selanjutnya,pada menu dial out isikan user dan password sesuai dengan RB 1 lalu apply ok.

pastikan rb2 sudah berstatus R(Running)

 







dan pada RB1 server pastikan sudah ber status DR (Dynamic Running)

 

 

 

 

 

 

sekian materi dari saya ,semoga bermanfaat

Wassalamualaikum wr.wb



Komentar

Postingan populer dari blog ini

SIMPLE QUEUE WITH PARENT AND CHILD-MIKROTIK

CARA MEMBLOKIR INSTAGRAM DENGAN MENGGUNAKAN MIKROTIK

SIMPLE QUEUE WITH PCQ-MIKROTIK